Tuesday, November 23, 2010

Friday 13th

 Mungkin ada beberapa diantara teman-teman sekalian pernah mendengar tentang yang namanya Jumat 13, yang biasa disebut jumat sial (selain Jumat Kliwon tentunya). Nah, buat yang pernah denger tentang Jumat 13, ini saya bisa kasih sejarahnya, sumber yah dari wiki dan sejenisnya hehehehe..cekidot.. :D



Jumat, 13 terjadi ketika hari yang ketiga belas bulan jatuh pada hari jumat. Dalam kalender Gregorian , hari ini terjadi setidaknya sekali, tapi paling banyak tiga kali setahun. 13 hari Setiap bulan akan jatuh pada hari Jumat jika bulan dimulai pada hari Minggu.

Takut akan hari Jumat tanggal 13 disebut friggatriskaidekaphobia, frigga, yang berarti "Jumat" dan triskaidekaphobia , atau paraskevidekatriaphobia,  kata yang berasal dari gabungan dari Yunani kata Paraskevi (Παρασκευή, yang berarti "Jumat"), dan dekatreís (δεκατρείς, yang berarti "tiga belas"), yang melekat pada fobia (φοβία, dari Phobos, φόβος, yang berarti "rasa takut"). Kata itu berasal pada tahun 1911 dan pertama kali muncul dalam sumber utama pada tahun 1953.
Menurut folklorists (ahli adat-istiadat tradisonal) , tidak ada bukti tertulis untuk Jumat tanggal 13 "takhayul" sebelum abad ke-19. referensi paling awal dikenal dalam bahasa Inggris terjadi didokumentasikan dalam biografi 1869 dari Gioachino Rossini yang menyebutkan bahwa dia dan orang Italia lainnya percaya bahwa hari sial adalah hari jumat , dan angka sial adalah tanggal 13. Dan yang merupakan kebetulan , beliau juga meninggal pada hari Jumat , 13 November 1868.

Dalam numerologi , angka dua belas dianggap jumlah kelengkapan, sebagaimana tercermin dalam dua belas bulan tahun, dua belas tanda zodiak , dua belas jam dari jam , dua belas suku Israel , dua belas rasul dari Yesus , dua belas dewa-dewa Olympus , dll, sedangkan nomor tiga belas dianggap tidak teratur, melampaui kelengkapan ini. Ada juga takhayul, pikir oleh beberapa orang untuk berasal dari Perjamuan Terakhir atau mitos Norwegia , yang memiliki tiga belas orang duduk di meja akan mengakibatkan kematian salah seorang dari para pengunjung.
Dalam Alkitab , umat Kristen percaya bahwa Yesus Kristus disalibkan dan wafat pada hari Jumat. Dan ada teori lain yang menyinggung tentang "Perjamuan Terakhir" yg dilakukan oleh Yesus , sebelum beliau di salib , bersama dengan ke-12 muridnya (total yang mengikti perjamuan tsb 13 orang).

Asal-usul sebenarnya takhayul, meskipun, tampaknya juga menjadi cerita dalam mitologi Nordik. Jumat dinamai Frigga, yang berjiwa bebas dewi cinta dan kesuburan. Ketika Nordik dan suku-suku Jermanik agama Kristen, Frigga dibuang karena malu ke puncak gunung dan diberi label penyihir. Ia percaya bahwa setiap hari Jumat, dewi dengki mengadakan pertemuan dengan penyihir lain sebelas, ditambah dengan setan - sebuah pertemuan dari tiga belas - dan ternyata sakit diplot nasib untuk minggu mendatang. Selama berabad-abad di Skandinavia, Jumat dikenal sebagai "'Sabat Witches"

Teori yang paling populer adalah teori mengenai Ksatria Templar yang dibantai dan dibunuh secara sadis oleh gereja, karena dianggap memuja setan. Mereka dibantai secara serentak pada tanggal 13 hari Jumat tahun 1307.

No comments:

Post a Comment